Serangan Tomcat-Tips Mencegah Mengatasi dan membasmi Serangan Hama TomCat

Diposkan oleh Java Multi Grosir (JMG) Group on Senin, 26 Maret 2012


Tips Mencegah Mengatasi dan membasmi Serangan Hama TomCat

Tomcat berbentuk serangga kecil panjangnya kurang lebih satu sentimeter. SeranggaTomcat  menyebabkan luka bagi manusia bukan karena gigitannya tetapi pada cairan racunnya.

foto

Tips Mencegah Mengatasi dan membasmi Serangan Hama TomCat

Cara Mengatasi,mencegah atau Membasmi Serangga Tomcat. yang akhir akhir ini menjadi permasalah yg serius di media media karna sudah menggangu manusia. Serangga tomcat kini sedang meneror warga Surabaya. Pemkot surabaya setempat punya jurus Cara mengatasi serangga tomcat meresahkan itu dengan ramuan pestisida. Bahan-bahan ramuan itu mudah didapat dan banyak tersedia di sekitar warga. Baca Juga Postingan Sebelumnya Cara Ampuh Mengatasi Serangga Tomcat

Cara Membasmi Serangga Tomcat:
Komposisi bahan yang perlu disediakan adalah campuran 1 kilogram daun mimba, 1 kilogram lengkuas, dan 1 kilogram serai. Bahan-bahan itu kemudian digiling dan dimasukkan ke dalam 5 liter air, setelah itu dibiarkan selama dua hari. Cairan itu bisa digunakan untuk menyemprot tomcat. ''Pestisida ini berasal dari bahan organik dan tidak akan merusak habitat lain,'' katanya.

Hingga hari ini, kata Samsul, pihaknya sudah menurunkan tim untuk melakukan penyemprotan Tomcat di 17 lokasi. Timnya akan terus melakukan penyemprotan ke lokasi lain berdasarkan laporan masyarakat.

Sejak empat hari lalu, warga di beberapa kawasan Kota Surabaya dicemaskan oleh serangan tomcat, serangga yang mengeluarkan cairan beracun yang dapat merusak kulit.

Gejala yang ditimbulkan bila terkena serangan tomcat

Serangan tomcat di Surabaya diketahui sejak makhluk itu menyerang apartemen elite di Jalan Kejawan Putih, Surabaya. Beberapa penghuni yang terkena serangan tomcat mengaku, kulit mereka melepuh, panas, dan gatal-gatal. Gigitannya pun meninggalkan noda hitam yang semakin Lama Akan Semakin Parah mengakibatka kuliat kita melepuh.


keinginan warga agar membasmi serangga TOMCAT dengan pestisida akan merugikan petani sendiri. Sebab, serangga TOMCAT yang oleh petani disebut dengan jelantir ini merupakan predator hama. Jika dimusnahkan, dikhawatirkan serangan hama di lahan pertanian tak akan terkendali.

Pertimbangan lain untuk tidak membasmi tomcat yang menjadi endemis hama wereng. Serangan hama ini telah menjadi momok nomor satu bagi petani yang sulit dikendalikan. "Tomcat ini justru membantu mengendalikan wereng," 

Hasil penelitian Dinas Pertanian setempat menunjukkan saat ini tengah terjadi puncak siklus tahunan populasi tomcat. Keberadaan mereka yang sangat banyak justru menjadi indikator penggunaan pestisida yang terkendali oleh petani.

Tomcat adalah serangga yang sangat berbahaya jika mengalami kontak dengan kulit manusia maka kulit tersebut akan mengalami rasa gatal yang sangat dahsyat, karena ketika Tomcat menempel pada kulit atau pun benda lainnya secara otomatis tomcat akan mengeluarkan cairan beracun yang sangat gatal itu.

Tomcat yang muncul ketika matahari terbenar tersebut dapat dicegah dengan mudah, karena jika hama tersebut tidak dicegah bisa - bisa bahaya bagi kesehatan kulit kita, keluarga , serta sanak saudara sekalian.
Dan ikuti cara dibawah ini agar kita tidak terkena hama tomcat dan tau cara mencegahnya dengan baik dan benar tanpa terkena racunnya yang berbahaya tersebut
 
Cara Mencegah Serangan Hama Tomcat :

1. Jika ada menemukan serangga ini, jangan dipencet, agar racun tidak mengenai kulit. Masukkan ke dalam plastik dengan hati-hati, terus buang ke tempat yang aman.

2. Hindari terkena kumbang ini pada kulit terbuka.

3. Usahakan pintu tertutup dan bila ada jendela diberi kasa nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk.

4. Tidur menggunakan kelambu jika memang di daerah anda sedang banyak masalah ini.

5. Bila serangga banyak sekali, maka dapat juga lampu diberi jaring pelindung untuk mencegah kumbang jatuh ke manusia.

6. Jangan menggosok kulit dan atau mata bila kumbang ini terkena kulit kita.

7. Bila kumbang ini berada di kulit kita, singkirkan dengan hati-hati, dengan meniup ataumengunakan kertas untuk mengambil kumbang dengan hati-hati.

8. Lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Bila menemui, segera dimatikan dengan menyemprotkan racun serangga. Singkirkan dengan tanpa menyentuhnya.

9.  Segera beri air mengalir dan sabun pada kulit yang bersentuhan dengan serangga ini.

10. Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat kumbang Paederus.

Ayo Jaga kulitmu dari serangga Tomcat ini semoga info ini bermanfaat untuk kalian semua